Senin, 25 Oktober 2010

Article Yasika Mata Kuliah ALJABAR MATRIKS Semester 3 (tiga) Pertemuan 1-2

Dalam Postingan yang saya sajikan ini, akan memberikan gambaran & sedikit penjelasan mengenai materi apa yang akan dibahas dalam pertemuan 1-2 Mata Kuliah Aljabar Matriks Dikmat Semester 3 STKIP Yasika Majalengka.
*Pengertian Matriks
Matriks adalah Susunan Empat Persegi Panjang/Bujursangkar yang bilangan-bilangannya diatur dalam baris dan kolom serta diapit oleh 2 (dua) kurung siku.

*Ukuran dan Simbol dari Matriks
<>Ukuran pada matriks sering disebut dengan istilah ORDO Matriks, dan bilangan-bilangan yg terdapat dalam kurung siku tersebut dinamakan ELEMENT Matriks.
<>Simbol Matriks dapat dilambangkan dengan huruf KAPITAL (besar), sedangkan untuk lambang dari element matriks tersebut dituliskan dengan huruf kecil.

*Jenis-jenis Matriks
1. Matriks Baris
2. Matriks Kolom
3. Matriks Bujur Sangkar
4. Matriks Segitiga Atas
5. Matriks Segitiga Bawah
6. Matriks Identitas
7. Matriks Diagonal
8. Matriks Skew-Simetri
9. Matriks Nol
10. Matriks Singular
11. Matriks Non-Singular
12. Matriks Transfose, dll.

*Operasi Pada Matriks
a. Penjumlahan Dua Matriks
b. Pengurangan Dua Matriks
c. Perkalian Dua Matriks
d. Perkalian Skalar dengan Matriks
e. Invers Matriks
f. Determinan Matriks
g. Transfose Matriks
h. Co-Factor Matriks
i. Adjoint Matriks, dll.

Dengan demikian kilasan materi telah saya sampaikan, mudah-mudahan anda para mahasiswa STKIP Yasika Majalengka bisa memahami sedikit dari apa yg saya sampaikan dan kemukakan diatas sehingga anda tidak akan merasa puas dan selalu-selalu mencari solusinya. Untuk Materi Aljabar matriks, anda bisa lihat dan pelajari dibuku Sumber SMA Kelas XII Semester 1 atau Anda Klik Disini. filekuliah.files.wordpress.com/2009/09/alin13.ppt, blog.uad.ac.id/yudiari/.../MATRIKS-DAN-OPERASINYA.pdf, lecturer.eepis-its.edu/.../Bab%20I%20Matriks%20dan%20Operasinya-h.pdferwinrommel.staff.umm.ac.id/files/2010/03/ALJABAR-MATRIKSrev1.ppt, budimurtiyasa.files.wordpress.com/2008/.../awalmatriks.ppt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar